SOUVENIR SEPATU BATIK

Souvenir Sepatu Batik

By: Ayubi CakradiWati

Kelas X (sepuluh ) – 5

SMA P LUS YPHB

Bahan -bahan yang diperlukan:

–         Kain perca batik
–         Spons bekas sepatu/sandal
–         Lem fox
–         Gunting
–         Bungkus rokok bekas/karton bekas cover buku tulis
–         Gantungan kunci
Langkah-langkah pembuatan :

  1. Buatlah pola alas sepatu pada bungkus rokok/cover bekas dan spons dengan ukuran yang sedang, lalu buat bentuk penutup sepatunya, dan garis persegi panjang sebagai gantungannya pula di kertas karton/bungkus rokok tersebut (terlampir pada gambar).
  2. Lalu, guntinglah pola alas, penutup, dan gantungan tersebut. Beri bolongan pada alas sepatu tersebut sebagai bolongan untuk gantungannya. Tempelkan hasil guntingan tersebut di atas kain perca batik, dengan jarak yang agak jauh, jangan lupa, tempelkan hasil potongan-potongan tersebut di kain batik bagian belakangnya (biasanya yang warnanya lebih muda dari yang didepannya).
  3. Setelah potongannya ditempelkan, gunting kembali sesuai bentuk dan sisakan kain dipinggirnya kurang lebih 1,5 cm. Begitupun untuk yang pola penutup dangantungan.
  4. Beri lem pada permukaan kain yang tersisa, lalu lipat kembali ke dalam sehingga kain yang tersisa tersebut membalutnya, lakukan hal yang sama pada gantungan. Sedangkan pada potongan penutupnya, lem bagian bawahnya saja.
  5. Ambil gantungan kunci, lalu pada lipatlah pola gantungan batik dan selipkan ke dalam gantungan kunci.
  6. Setelah itu, masukkan gantungan ke dalam bolongan untuk gantungan yang terdapat di alas sepatu. Masukkan dari bagian atas alas, ke bagian bawah. Tempelkan tiap ujungnya ke permukaan alas yang di bawah.
  7. Setelah itu kita beralih ke pola  penutup sepatu yang telah dibuat. Masih ada kain sisa yang terdapat di pinggir, kain yang tersisa tersebut kita tempelkan dengan cara melipatnya sedikit dan tempelkan pada alas bawah sehingga terlihat rapi.
  8. Lalu tempelkan pola alas yang telah dibuat di spons pada bagian bawah pola alas batik.
  9. Gantungan yang cantik pun jadiiii! SELAMAT MENCOBA YAA

LAMPIRAN :

Lampiran bahan-bahan :

Spons                 Kain Perca Batik

PERINCIAN :

–         Kain perca batik                                                     Gratis

–         Spons bekas sepatu/sandal                               Rp 7000,00

–         Lem fox                                                                      Rp 5000,00

–         Gunting                                                                      Rp 2000,00

–         Bungkus rokok bekas/karton bekas cover buku tulis             Gratis

–         Gantungan kunci                                                   Rp 500,00+

Total biaya Rp 14.500,00

About rullyyphb

i'm teacher of art
Gallery | This entry was posted in SOUVENIR SEPATU BATIK. Bookmark the permalink.

14 Responses to SOUVENIR SEPATU BATIK

  1. Helinda Utami (kelas X-4) says:

    aslm, kayanya hasilnya bakalan lucu yah, belum nyoba buat yang seperti ini, biayanya juga ga terlalu mahal, cukup untuk anak sekolahan, hehe, idenya bagus banget ka…:)

  2. Assalamualaikum,..

    bagus juga idenya, sangat kreatif dan langka. Kalau mau lihat kekurangannya sih sepertinya hampir tidak ada. Semua bahan yang di butuhkan termasuk mudah untuk di cari dan harganya pun tidak terlalu mahal..:D

  3. kayanya lucu banget kalau bisa praktekin sndiri ia , lumayan buat nambahin koleksi sepatu apalagi hasil buatan sendiri kereeen bangettt😉 !!

  4. sherli says:

    ass. hasil karya nya lucu banget deeeeeeeeh unik unik. caramnya pmebuatannya juga ngga terlalu susah. jadi bisa dicoba di rumah deh hehe🙂

  5. assalamualaikum..

    wah ide nya kreaif banget kaa biayanya ga mahal-mahal amat dan bahan nya juga ngak terlalu susah nyarinyaa, perlu di coba nih nanti hehe

    ALNIDA ACHSANI TAKWIM
    X-4

  6. assalamualaikum..

    saya sangat tertarik dengan ide ini, sangat kreatif dan menarik
    bahan-bahan nya pun mudah di dapat dan modalnya juga tidak terlalu mahal, ini perlu di coba nanti🙂

    Alnida Achsani Takwim
    X-4

    • rullyyphb says:

      Waalaikum… betul banget Alnida, semua bahannya dari barang bekas yang tdnya tdk terpakai… ada biaya juga tidak mahal… nanti kita coba, atau ada ide yang lebih bagus lagi? kita coba sama2 ya…

  7. Fathia Nurul Huda (Kelas X-6) says:

    Wah, kk kreatif bnget, jadi nya jga psti bagus..bahan” ny mudah, gk terlalu susah jga buat di cari.. biaya ny jga gk mahal” y,jdi pngen nyoba.. =D

  8. ide bagus nih kayaknya boleh dicoba deh, soalnya bahanya yang murah dan gampang dicari … sekalian melestarikan batik, tapi sayang, kok ga ada gambar hasil akhirnya …

  9. Paaak ,ini idenya sangat kreatif bgt tapi sayangnya fotonya kecil pak jadi gak terlalu keliatan hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s