Kriya Kain Bekas Ekonomis Tetap Kreatif

Kriya Kain Bekas Ekonomis Tetap Kreatif

Bogor, Jl. Pajajaran No. 234A, Agustus 2008
Foto: Rully Ramdhansyah, Kriya Kain Bekas SMA PLUS YPHB

1Oleh: RULLY RAMDHANSYAH, A.Md.
Kini lapangan pekerjaan sudah sangat sulit dicari, banyak remaja usia produktif hidup menganggur, perlu upaya memutar otak agar dapur terus mengebul. Konsep “ekonomi kreatif” dengan menciptakan barang bekas menjadi barang berguna dan laku dijual, merupakan trend bisnis baru yang sangat menjanjikan.
Hal ini dicoba langsung dipraktekkan oleh siswa-siswa SMA PLUS YPHB yang berniat, tekun dan terus berintervensi ke pasar dengan semangat wirausaha yang tangguh. Sebagai contoh, dengan memanfaatkan kain bekas atau sejenisnya yang berukuran sedikit lebar, telah dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, kriya berupa lukisan dari kain perca yang punya nilai jual dan nilai keindahan (lihat foto).

gkh

Standar Kompetensi  :

Mengkomunikasikan, menciptakan dan menyajikan pemanfaatan barang bekas dengan teknologi tertentu

Kompetens Dasar      :

Mengkomunikasikan, menciptakan karya benda pakai yang mengandung unsur tekstur dengan berbagai teknik dalam lingkup wawasan lingkungan setempat.

Bahan-bahan

e

  • Kertas gambar ukuran A3.
  • Kain perca (sebaiknya kain bekas yang bermotif)
  • Lem kertas

Peralatan.

  • Gunting.
  • Pensil.

TAHAP PEMBUATAN.

Tahap Pertama.

– Gambar sketsa obyek yang kita inginkan diatas kertas gambar

ukuran A3, lebih mudah gambarlah motif gambar yang tidak terlalu kecil atau dalam ukuran besar.

– Setelah gambar selesai, kita siapkan kain perca yang akan kita pakai, dan kertas karbon untuk menjiplaknya.

– Gunakan kertas karbon untuk mencetak bagian-bagian dari gambar yang ada diatas kain perca, perbagian gambar.

– Setelah jiplakan gambar pada kertas gambar A3 ada pada kain perca, guntinglah kain perca satu persatu.

TAHAP PENYELESAIAN.

– Kemudian tempelkan bagian yang sudah digunting pada gambar sketsa sesuai gambar dari pola yang ada di kertas gambar A3 tadi.

– Agar lebih baik, sisa bagian gambar yang belum tertempel kain perca/back ground ditempel kain perca juga agar kertas gambar A3 tersebut penuh ditempel kain perca.

Seperti hasil karya siswa-siswi SMA Plus YAYASAN PERSAUDARAAN HAJI BOGOR (YPHB) di bawah ini….

fk1

About rullyyphb

i'm teacher of art
This entry was posted in Art, Skill, Kriya Kain Bekas Ekonomis Tetap Kreatif and tagged , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Kriya Kain Bekas Ekonomis Tetap Kreatif

  1. astrid says:

    ide kreatif, perlu di kembangkan dalam proses belajar mengajar karena tidak hanya membekali kepandaian bidang seni tapi juga kepekaan terhadap masalah limbah juga ketrampilan hidup jika dikembangkan akan dapat menciptakan lapangan kerja yang produktif. Selamat berkarya lebih kreatif lagi….

  2. vatika eltra vioyeda (ZHARODH) says:

    lanjutkan !!
    tingkatkan !!
    :p

  3. selain outsourcing, kami juga membuat home industry keset dari bahan/kain sisa pabrik, tetapi kami masih kekurangan SDM yg ingin bekerja dgn kami. kalo ada yg butuh pekerjaan/penghasilan, silahkan info ke kami

  4. Usiisos says:

    kreatif pa! Cuma saran saya kalo bisa barang ini lebih dari sekedar pajangan,,,dan saran saya yang satu lagi ini emang butuh waktu untuk belajar,,,kerumitannya ditambah jadi keliatan sangat istimewa! Tapi hebat kok,,,dibandingin tahun saya…hehehe

  5. Anggi says:

    Bagus pak…
    kok pas angkatan saya ga ada beginian? hehe

    • rullyyphb says:

      terimakasih…
      cuma memang gak sempat aja mungkin ya… kalo mau bisa pelajari sendiri dengan panduan disini kok.. kalo ada kesulitan bisa disampaikan… thank yaa…🙂

  6. adrian haryono w says:

    waawwwww….hebat pak…………

  7. keren keren banget pak, kreatif semua🙂

  8. Feransi Y.F says:

    nice😀

    tingkatkan terus karya anak bangsa !
    moga angkatan2 seterusnya bisa membuat lbh banyak dan lbh bagus lagi krya2 yg lainnya.. amiien .

  9. Ratih Dlp X-4 says:

    wah ideny bisa jadi peluang bisnis untuk nambah pemasukan kita, jadi melatih kita untuk wirausaha…..

  10. selva dwi rahmawati yphb X-7 says:

    udah bagus ko pak artikelnya hehe harus semakin di olah yah biar makin kreatif semuanya

  11. Tamara Afina Putri X-7 says:

    Kreatif🙂
    dengan bahan yang apa adanya kita bisa buat karya seni yang nilainya tinggi..

    • rullyyphb says:

      Betul Tamara… dari yang tadinya limbah dianggap gak berguna, oleh tangan kreatif siswa-siswi YPHB menjadi benda-benda yang Bernilai tinggi ya… tinggal cari sponsor aja ya…

  12. Ryanta Pratama says:

    wih keren pak dari bahan bekas bisa jadi karya yg menuntut daya kereatifitas keren pak.

  13. nabiilah X4 says:

    wah , kreatif banget pak karya2 nya🙂

  14. raleva says:

    Pak rully sangat kreatif! pak rully saya juga seorang guru tapi di SD dan saya akan mendirikan sebuah sanggar lukis dan kerajinan,bolehkah saya meminta sedikit ilmunya pak rully untuk menambah pengetahuan saya dan memperkaya skill anak Indonesia khususnya di Gresik Jatim.
    terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s