Kamera Lubang Jarum

KAMERA LUBANG JARUM…

Kamera lubang jarum.. By. rullyyphb
seperti judulnya, memang ternyata ini satu cara pengambilan objek foto dengan menggunakan kamera yang asalnya dari lubang jarum,

hasilnya? lumayan ok, gak kalah dengan hasil-hasil foto dengan kamera poket biasa juga, malah ini lebih kreatif dan bernilai seni tinggi!, tapi tentu saja, pada materi yang diberikan pada pelajaran Keterampilan di SMA PLUS YPHB ini bukan hanya belajar mengambil gambar foto yang bagus saja, Salah satunya adalah materi kreatifitas pemanfaatan barang bekas yaitu kaleng-kaleng bekas minuman ringan dijadikan barang yang tak kalah punya daya saing dengan teknologi modern saat ini, yaitu keterampilan membuat kamera sendiri, dan siswa-siswi disini juga belajar men”cuci cetak” hasil “jepretan” kamera sendiri lhooo..!


Cara pembuatannya sangat mudah, seperti yang telah dicoba oleh para siswa- siswi SMA PLUS YPHB dibawah ini.
Mau tau cara pembuatannya? kamu bisa ikuti tahapan-tahapan dibawah, yuk…
Pertama-tama kita siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan, gak ribet kok:

- kaleng bekas. (sebaiknya yang ada tutupnya).
- Kaleng soft drink.
- Paku.
- Palu.
- Jarum pentul.
- Gunting.
- Lakban hitam.
- Cat hitam.
Nah sekarang tahap-tahap pembuatannya ya…

pertama-tama kita siapkan bahan yang nantinya akan kita sebut “lensa” yang dibuat dari kaleng soft drink yang kita potong persegi kira-kira uk.3X4cm.

Kemudian kita lubangi bagian tengah lensa tadi pake ujung jarum. (lubangi cukup dengan bagian ujung jarum sehingga lubangnya tidak terlalu besar).
Kemudian kita buat Kameranya:
– Pertama kita siapkan kaleng yang ada tutupnya, kita lubangi dengan paku bagian tengahnya. (kira-kira tingginya 6cm dari alas kaleng).
– Kita cat hitam bagian dalam kaleng dan tutupnya.
Penggabungan lensa dan kamera.

- Kita tempel lensa dengan kamera kaleng. (lubang jarum tepat dengan lubang paku pada kaleng). menggunakan lakban hitam, (agar tidak ada cahaya sedikitpun masuk kedalam kaleng).

About these ads

About rullyyphb

i'm teacher of art
This entry was posted in Kreatif Kamera Lubang Jarum and tagged . Bookmark the permalink.

77 Responses to Kamera Lubang Jarum

  1. ivki says:

    klas : x -3

    wah pa bgus kamera lubang jarum’y ..
    kpn” di kls x-3 buat yg ky gni donk pa ..

  2. cakra baqarah says:

    apk,,ini saya cakra dari kelas X.3

    menurut saya kamera lubang jarum itu bagus,kreatif,murah(harga bersahabat/tidak mahal)

  3. pa praktek sama ajarin cara make kamera lubang jarum , pengen nyoba

  4. Fariz Fahrizal ( X-3) says:

    Sangat menarik
    dari bahan yang sederhana dapat menghasilkan karya yang bernilai.
    Semoga dapat dipraktekan untuk angkatan tahun 2010/2011 atau diciptakannya inovasi terbaru.

  5. shaima hamzah sungkar
    kelas : X-3
    asalamualaikum. bapak keren banget ! nanti kita diajarin yah bikin ky kaka kelas!
    so creative hundreds of thumbs for YPHB !!!! :)

  6. rafshad adam x-7 says:

    pa kamera lubang jarum bagus,tapi kenapa di gambar di atas kaya hitam putih gambarnya.

  7. susanti yuliani ( kelas : X-7 ) says:

    kreatiive paaak..
    saya juua bisa bkin gantungan dari kain kappas..
    hehehehe… tppi ,itu keren pak kameranya..

  8. adzhlan says:

    Wah pak,…sepertinya murah meriah tapi bermanfaat…dan kayaknya bisa di komersilkan/di publikasikan di lomba – lomba……

  9. Ryanta Pratama says:

    pak.ni ryanta kelas X-7
    pak gimana cara buat itu kamera???
    mnurut saya juga kamera itu sangat ramah lingkungan,karena trbuat dri bahan-bahan bekas.
    nanti ajarin buatnya ya pak di kelas

    assalamualaikum wr.wb

  10. febry says:

    menurut saya kmeranya bgus sekali dan harga.a mrah iya pa
    pa kpan” praktek donk bkin kamera lubng jarum
    x-3

  11. ikram brahmantyo (X-4) says:

    Pak Rully, ini saya Ikram dari kelas X-4.
    Menurut saya kamera lubang jarum itu sangat kreatif dalam penciptaan dan dapat melatih kita untuk berfikir inovatif……..

  12. Rumaisha Safitri X-4 says:

    Ass. Pak saya Rumaisha Safitri X-4

    menurut saya kamera lubang jarum ini sangan menarik untuk dipelajari, bahannya mudah dipat, karna hanya menggunakan barang bekas, dan sangat kreatif.

    wassalammualakium

  13. Vinsya Eriansyah X-6 says:

    pa kapan kapan ajarin atuh! kan katanya angkatan sekarang mah diajarin jadi bos! hehehehe

  14. Adi Wahyutomo ( X-4 ) says:

    keren dan menarik kamera lubang jarumnya pa . saya baru liat barang2 bekas seperti kaleng bisa jd kamera . kalo misalnya di jual mungkin bisa punya harga lebih tinggi dari bahan2 pembuatannya ya ?

  15. Vhaa Jae says:

    asalammualikum pak..
    pak saya sari dari klas X-1
    pak kamera lubang jarum itu d cetak langsung sama kita kan pak ? bahan kimia nya pake apa pak ?
    terima kasih
    wasalam

    • rullyyphb says:

      Waalaikumsalam… betul nanti kita mencoba cuci cetak foto itu sendiri, nama bahan kimia nya itu apa ya bp lupa, tp sudah ada di toko tempat cuci foto kok… Ok Aviva dan Sari Nurhasanah, sama-sama makasih ya…

  16. sari nurhasanah X 1 says:

    asalammualikum pak..
    pak saya sari dari klas X-1
    pak kamera lubang jarum itu d cetak langsung sama kita kan pak ? bahan kimia nya pake apa pak ?
    terima kasih
    wasalam

  17. vinsya eriansyah X 6 says:

    widih pa keren dah! ajarin pak ye! hehehe
    kan katanya tahun sekarang diajarin jadi bos pak! kali ajah jadi bos kamera! hahahahahahahahaha

  18. sari nurhasanah ( X-1) says:

    assalamualikum pak ..
    pak aku sari klas X-1 yang sering d panggil wulan sama bapak ,, ahhahaha
    pak kamera lubang jarum d cuci nya pake apa pak ?
    bukan pake detergen kan pak? hahaahah :)
    tapi keren pak KAMERA LUBANG JARUM ..
    wassalam

    • rullyyphb says:

      waalaikum salam… Sari Nurhasanah, Wulan… kalo cuci pake deterjen mah nyeuseuh meren…. hahaha becanda kok.. ada bahan kimianya kok, nanti kita belajar cuci cetak film itu sendiri….

  19. Lintang Windi (10-6) says:

    saya sangat tertarik untuk membuatnya ..
    bahannya nggak ribet , gampang di cari , dan cara-caranya yang ga pusing . inspiratif banget ! :)

  20. Ryanta Putrapratama X-7 says:

    menurut saya kamera lubang jarum itu sangat mnarik karena,material dari kamera tersebut sangat ramah lingkungan.terus cara pembutannya sangat mudah.
    Pak nanti di kelas ajarin buatnya ya pak…

    assalamualaikum wr.wb

  21. assalamualaikum

    pak ini saya agmer dari x-4

    pertama kali saya melihat kamera lubang jarum ini dipameran sangat menarik, dan setelah saya membaca dan melihat wordpress bapak ini saya semakin tertarik dan semakin ingin belajar menggunakannya. dari hasilhasil yang telah ada (hasil kamera lubang jarum) sangatlah berseni dan memiliki harga jual lebih dari kamera digital maupun d-slr ato slr, karena karakteristik yang terdapat pada kamera lubang jarum lumayan tajam juga. disamping cara pembuatan yang terbilang tidak begitu sulit namun membutuhkan kesabaran tetapi nyaris smua kalangan dapat membuatnya. jadi smoga nanti bapak ngajarin ya cara buat serta makai dan mencetak hasil dari kamera lubang jarum ini :D terutama x-4 pak! hahaha :D

    wasalam :)

  22. avan says:

    bapak X-3 buat kayak gini kapan pak? saya avan dari X-3

  23. harry says:

    pak ajarin dong caranya .harry X1

  24. FAQIH says:

    pak ajarin ya bikinnya, soalnya kayanya kamera dari lobang jarum keren tuh
    (faqih baihaqi fiori X-4)

  25. Setyaningsih Nugrohowidi X-3 says:

    saya widi dari X-3

    kamera lubang jarum yg bapak bikin inovatif dan kreatif banget !! ajarin dong pak kan lumayan saya bisa ajarin juga ke orang2 yg ga punya kamera hehe…
    10 jempol deh buat bapak !!!

  26. nama:Hafiz Alfariz
    kelas:x2
    kesan saya: wah..bagus banget pak..kreatif banget..dari bahan yg mudah di cari bisa di buat karya yg bernilai seni dan inovatif

    pesan:semoga karya karya ini bisa mendapat penghargaan di dunia internasional dan dapat dikembangkan lagi
    amin

  27. Erna(X-7) says:

    ih seru banget ya kayanya, jadi penyen nyobain:)

  28. dwi anjar pramesti says:

    saya suka pak dengan cara kamera tersebut nanti tolong diajarin yaa pa!
    pengen bisa menggunakan kamera tersebut dengan benar
    dwi anjar pramesti X-1

  29. galih rizky says:

    galih rizky (x-4)

    pak kamera lubang jarumnya bagus banget ! selagi bermanfaat juga mengurangi sampah
    yang berbentuk kaleng pokoknya top deh !
    ntar ajarin bikinnya dong pa ke kelas 10, saya menunggu banget

  30. Rizki Rama Putra says:

    saya Rizki Rama Putra dari X-4 , menurut saya kamera lubang jarum ini sangat kreatif , tidak kalah dengan kamera-kamera lainnya . dan sebaiknya di ajarkan kepada murid-muridnya.

  31. elga X-1 says:

    wah… pa maaf saya baru comment, soalnya saya rada gaptek jadi baru bisa bukanya.. sama saya lupa alamatnya.. ini aja baru dikasih tau temen pak.. heheheh maaf ya pak.
    mmmmm kamera lubang jarum tuh kreatif, lucu.. tapi bikinnya ribet ngga sih pak? pengen nyobain bikinnya deh.. ntar bikin ya pak.. praktek di X-1 oke pak.. makasih
    elga al rezna X-1

    • rullyyphb says:

      ok Elga… gak apa2 kok.. di YPHB kan tempat mencari dan menambah ilmu.. jadi jangan malu untuk bertanya pada guru2 selama itu buat kebaikan lebih baik bertanya… biar tahu, jadi lebih pinter.. iya khan Ga…

  32. Menurut nanda, karya itu bagus dan sagat kreatif. nanda berharap bisa diajarkan untuk membuat karya tersebut

  33. Putri Auliyah Sari X-2 says:

    Assalamualaikum Pak Rully, keren deh ide kamera lubang jarumnya. Dapat ide dari mana Pak buat kamera lubang jarum kayak gitu? hehe hasil fotonya juga bagus, menarik untuk dicoba. nanti kapan-kapan kelas X-2 praktek kamera lubang jarum ya pak, hehe.

  34. mukhlis fauzi X-2 says:

    okeh pak . . keren . . .
    X-2 jgn lupa di ajarin . ..
    ok?????

  35. Adzkia Andriani (X - 1) says:

    wah pak ga sabar untuk mencoba yang iniii! :D

  36. Arifiyandika(X-4) says:

    mr rully emang udah jago nya nic dalam bdang seni muadh mudahan dari guru kesenian bsa jdi pengusaha seni nih(amiiin

  37. Halimatus Sakdiah says:

    pak ni sy Halimatus Sakdiah dari kelas X-6 ,, menurut saya dengan adanya kamera lubang jarum ,, kita tidak perlu susah-susah membeLi kamera ,, karena ini kamera yang sederhana dan juga mudah membuatnya ,, nanti kelas X – 6 ajarin membuatnya ya pak ..

  38. Reni Apriyani x-7 says:

    Assalamualaikum bapak , ide yang di atas sangat kreatif saya jadi penasaran dan ingin mencobanya tapi kelihatannya agak sulit ya pak? heheh

  39. lidwina amanda X-7 says:

    paaak rully ,, keren keren yah karya karya nya unik.. hehe bisa dong pak kita coba semua ???????????? sya tunggu di X-7 ya pak … hehe makasi ,,
    assalamualaikum :)

  40. lidwina amanda X-7 says:

    oh ya pak .. karya karya itu dari kaka kakanya sendiri apa dari bapak?

  41. ulfa norma assyifa says:

    pa ini ulfa dari kelas x-6 , menurut saya hasil fotonya lebih menarik daripada foto-foto pada umumnya soalnya kamera dengan lubang jarum ini lebih kreatif hasil cetakannya . nanti kelas x-6 ajarin ya pak .

  42. nadia talitha almira says:

    saya nadia talitha kelas X-5, keren juga tuh pak kamera lubang jarumnya, tapi saya masih agak bingung, nanti coba praktekan ya pak. hehehehe :]

  43. adhitya priantoro says:

    pak saya adit kelas X-5,keren pak kamera lubang jarumnya hasilnya pun bagus pak, nanti kita coba pak saya mau bisa bikin pak.

  44. budhe22 says:

    maaf pak gmna cara pasang film/kertas fotonya…sekali lagi maaaff masih newbie..

    • rullyyphb says:

      gak apa2, Kertas foto dimasukan kedalam kaleng, dengan posisi cekung (bagian depan kedalam) biasa bagian depan terasa agak lengket, hati2 jangan dipegang permukaannya, bisa membuat bagian itu hasilnya seperti film yang istilahnya terbakar karena terkena tangan

  45. hasna says:

    pa saya mau nanya… bagaimana cara kerja (pemotretan) kamera tersebut? dalam arti bagaimana cara untuk mendapatkan hasil dari kamera tersebut? mohon jelaskan dari mulai cara untuk memasang kertas fotonya ya pa…. terimakasih banyak

    • rullyyphb says:

      (diruang gelap/kedap cahaya) Kertas film kita masukan kedalam kaleng yang sudah lubangi seukuran ujung lubang jarum dan kita cat warna hitam dof, agar warna hitam tidak menghasilkan pantulan cahaya apabila terjadi kebocoran pada kaleng, dan agar cahaya hanya akan masuk melalui lubang jarum, yaitu pada saat pengambilan gambar, dengan keadaan lubang jarum tertutup kita masukan kertas film dengan posisi cekung bagian depan berhadapan dengan lubang jarum yang kita buat pada kaleng, lubang jarum kita tutup pakai jari atau lakban dan dibuka ketika akan mengambil gambar, lubang jarum kita buka pada saat pengambilan gambar selama dengan hitungan kurang lebih 25-30 hitungan sedang, lubang jarum kita tutup kembali, kita bawa dan kita ambil kertas film tadi diruang gelap untuk kita “cuci”. selesai, tinggal tunggu kering kertas film.. bagaimana, terjawab? selamat mencoba.. :)

  46. iwan says:

    cara masukin kertas foto atau filmnya gmna pak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s